Citra Perempuan dan Bias Gender dalam Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Agusvina, Sarah Nurazizah (2024) Citra Perempuan dan Bias Gender dalam Novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_2_SARAH_NURAZIZAH_AGUSVINA_18016181_5204_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan, pertama, mendeskripsikan citra perempuan dan bias gender yang terdapat di dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Kedua, mendeskripsikan implikasi citra perempuan dan bias gender dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu teks novel XII Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang menunjukkan citra perempuan dan bias gender di dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Novel ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2020 dan terdiri atas 320 halaman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu membaca, memahami, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menginventarisasikan citra perempuan dan bias gender yang terdapat dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo ke dalam sebuah tabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan berupa citra diri perempuan yaitu aspek fisik dan aspek psikis. Aspek fisik berdasarkan keadaan tubuh tokoh sedangkan aspek psikis berdasarkan watak dan kepribadian. Citra sosial perempuan yaitu dalam aspek keluarga dan masyarakat, dalam keluarga meliputi perempuan sebagai ibu, istri, anak, kakak, dan adik, sedangkan dalam masyarakat meliputi pekerjaan dan pendidikan tokoh. Untuk bias gender meliputi marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban kerja. Penelitian ini dapat diimplikasikan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas pada KD 3.8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorUlya, Ridha HusnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CITRA PEREMPUAN, BIAS GENDER, NOVEL
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:34
Last Modified: 27 Sep 2024 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54225

Actions (login required)

View Item View Item