Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan GO-JEK Menggunakan Integrasi Importance Performance Analysis dan Model Kano

Rahmadani, Riri (2019) Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan GO-JEK Menggunakan Integrasi Importance Performance Analysis dan Model Kano. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_RIRI_RAHMADANI_15037032_741_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alat transportasi merupakan suatu jasa yang bertujuan untuk memindahkan orang atau barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Transportasi yang banyak diminati belakangan ini adalah transportasi berbasis online, salah satunya adalah GO-JEK. Cara yang dilakukan untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap GO-JEK dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Dimensi yang digunakan dalam mengukur kualitas pelayanan adalah kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangibles). Kualitas pelayanan tersebut dapat diukur menggunakan integrasi Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano. Metode ini merupakan penggabungan antara metode IPA dan model Kano yang dapat mengetahui strategi prioritas pengembangan setiap atribut pelayanan yang lebih akurat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian terapan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif FMIPA UNP periode Juli-Desember 2018 dengan jumlah sampel 97 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari 19 pernyataan. Berdasarkan analisis data dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 1 atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan kinerjanya, 8 atribut pelayanan yang perlu dipertahankan kinerjanya, 9 atribut pelayanan yang dipertimbangkan kembali manfaatnya bagi pelanggan, dan 1 atribut pelayanan yang dikurangi kinerja pelayanannya. Berdasarkan analisis data dengan model Kano di dapatkan 4 atribut pelayanan yang dapat memberikan kepuasan pelanggan jika ada dan jika tidak ada pelanggan tidak akan kecewa, 6 atribut pelayanan yang memberikan kepuasan pelanggan jika ada dan jika tidak ada pelanggan akan kecewa, 6 atribut pelayanan akan membuat pelanggan kecewa jika tidak ada dan jika adapun tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan 3 atribut pelayanan yang ada ataupun tidak ada tidak memberikan kepuasan dan kekecewaan kepada pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian integrasi IPA dan model Kano didapatkan strategi perbaikan yaitu, 9 atribut pelayanan yang perlu di pertahankan, 7 atribut pelayanan yang perlu mendapatkan perhatian untuk ditingkatkan kinerjanya dan 3 atribut pelayanan yang perlu dipertimbangkan kembali keberadaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Amadi AtusUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Fitri MudiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Kualitas Pelayanan; GO-JEK; Integrasi Importance Performance Analysis dan Model Kano
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:36
Last Modified: 26 Sep 2024 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54189

Actions (login required)

View Item View Item