Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 2 Padang Panjang

Resti, Rini Yulia (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RINI_YULIA_RESTI_14029109_876_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah salah satu hal yang penting dalam pembelajaran matematika, Kenyataannya ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik Kelas XII MIPA SMAN 2 Padang Panjang masih rendah. Salah satu upaya untuk menigkatkan kemampuan penalaran matematis adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung dengan taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorLonggom Nst, MinoraUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Penalaran Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:36
Last Modified: 26 Sep 2024 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54187

Actions (login required)

View Item View Item