Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 8 Padang

Wulandari, Osi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_OSI_WULANDARI_14029014_783_2019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik. Kenyataannya, peserta didik di kelas VII SMPN 8 Padang sudah mampu memahami konsep dengan baik dan aktif dalam bertanya maupun mengungkapkan idenya. Namun saat dihadapkan dengan soal pemecahan masalah peserta didik mengalami kesulitan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah model pembelajaran Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Group Investigation kemudian dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 8 Padang selama diterapkan model Group Investigation. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.E sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil kuis diperoleh perkembangan kemampuan peserta didik cenderung meningkat untuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis selama diterapkan model pembelajaran Group Investigation. Pada analisis tes diperoleh P-value = 0,000, kurang dari  = 0,05, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Group Investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:54
Last Modified: 26 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54179

Actions (login required)

View Item View Item