Pengaruh Penggunaan AplikasiTracker pada Materi Kinematika terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 4 Padang

Oktriyeni, Oktriyeni (2019) Pengaruh Penggunaan AplikasiTracker pada Materi Kinematika terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_OKTRIYENI_15033009_362_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kinematika sebagai bagian dari ilmu fisika mempelajari tentang gerak tanpa menghiraukan penyebabnya. Fokus pembahasan terutama berkenaan dengan bentuk lintasan dari gerak tersebut.Bentuk lintasan dalam pembelajaran direpresentasikan melalui diagram atau grafik yang berhubungan dengan data berbagai parameter seperti jarak, posisi, kelajuan, kecepatan, percepatan, dan waktu,yang diperoleh dari hasil pengamatan dan perhitungan dalam percobaan. Pembuatan grafik dengan metode manual tersebut sering menyebabkan grafik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dewasa ini telah tersedia berbagai aplikasi yang dapat mempermudahpeserta didik untuk melakukan perhitungan dan memplot grafik secara bersamaan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yaitu aplikasi tracker. Bentuk grafik yang menyatakanhubungan antara besaran-besaran fisika yang terdapat pada kinematika dapat tergambar dengan jelas dan mudah dibandingkan dengan membuat grafik secara manual melalui kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasitracker pada materi Kinematika terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX MIPA di SMAN 4 Padang yang diajar oleh satu orang guru yang sama dengan jumlah kelas terbanyak pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan instumen berupa LKS dan tes tertulis. Instrumenyangdigunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas melalui uji coba. Data tersebut sebelum digunakan untuk menguji hipotesis telah melalui uji persyaratan analisis terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 62,3 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu sebesar 55,0. Hasil uji t pada taraf alfa 5% pada data tersebut menunjukkan harga t hitung (3,479) lebih besar dibandingkan t tabel (2,00). Hasil ini menunjukkan perbedaan data hasil penelitian tersebut merupakan akibat perbedaan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan di kelas eksperimen karena pemahaman akan grafik siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 49% dan kelas kontrol 45%. Hasil uji regresi dan korelasi linier sederhana antara skor LKS (X) dan skor rata-rata hasil belajar (Y) diperoleh nilai r xy 0,63 yang menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh penggunaan aplikasi tracker sebesar 40,2% terhadap hasil belajar siswa pada konsep kinematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tracker; Kinematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:53
Last Modified: 26 Sep 2024 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54178

Actions (login required)

View Item View Item