Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory Melalui Model Discovery Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Materi Vektor dan Kinematika di Kelas X SMAN 12 Padang

Khair, Nyswatul (2019) Pengaruh Penerapan LKS Virtual Laboratory Melalui Model Discovery Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Materi Vektor dan Kinematika di Kelas X SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NYSWATUL_KHAIR_15033008_874_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Usaha pemerintah dalam meningkatkan kompetensi siswa belum mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini terlihat dari nilai kompetensi pengetahuan yang masih di bawah KKM. Diantara penyebabnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan belum sesuai dengan tuntutan kurikulum, sumber belajar yang digunakan masih terbatas dan belum semua KI 4 fisika dilaksanakan praktikum. Solusi dari permasalahan ini yaitu pelaksanaan praktikum virtual laboratorium dengan panduan LKS virtual laboratory menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKS virtual laboratory melalui model discovery learning terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materi vektor dan kinematika di kelas X SMAN 12 Padang Penelitian ini tergolong quasi eksperiment research dengan rancangan posttest-only control design. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIA tahun ajaran 2018/2019. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini meliputi data pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data pencapaian kompetensi sikap diperoleh melalui lembar penilaian observasi, kemudian dideskripsikan dan dianalisis dalam bentuk grafik. Data pencapaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui posttest. Data pencapaian kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar penilaian unjuk kerja. Data pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan kemudian dihubungkan dengan nilai LKS virtual laboratory. Data pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan uji hipotesis dan uji pengaruh berupa uji regresi dan uji hubungan dua variabel. Setelah dilakukan analisis data, pada kompetensi sikap menunjukkan hasil yang baik, sikap eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Penerapan LKS virtual laboratory melalui model discovery learning mempengaruhi pencapaian kompetensi pengetahuan sebesar 30,09% sedangkan pada pencapaian kompetensi keterampilan siswa sebesar 23,03%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS virtual laboratory melalui model discovery learning memiliki pengaruh yang berarti terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas X SMAN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory; Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:52
Last Modified: 26 Sep 2024 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54176

Actions (login required)

View Item View Item