Pengembangan Model Pembelajaran Gerak dasar Manipulatif (Objek kontrol) berbasis Aktivitas Bermain untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Mahendra, Gusnawan (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Gerak dasar Manipulatif (Objek kontrol) berbasis Aktivitas Bermain untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_GUSNAWAN_MAHENDRA_21199024_460_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan gerak dasar manipulatif siswa.Tujuan penelitian untuk menghasilkan model pembelajaran dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Borg And Gall. Populasi adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Sampel adalah siswa kelas V berjumlah 30 orang. Teknik penarikan sampel adalah total sampling. Desain validasi model divalidasi oleh 2 orang ahli: motorik dan bahasa serta praktikalitas model oleh 2 orang guru olahraga, Instrumen pengumpulan data terdiri dari uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. Serta teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif deskriptif persentase. Hasil validasi model pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 81,2.% dengan kategori valid. Pada praktikalitas, diperoleh hasil bahwa model pembelajaran ini sudah praktis atau baik untuk digunakan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,7% Hasil uji efektivitas menggunakan model pembelajaran Gerak Dasar Manipulatif berbasis aktivitas bermain menujukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemerolehan hasil kemampuan gerak manipulatif sebelum menggunakan model dengan sesudah menggunakan model pembelajaran tersebut. Disimpulkan bahwa model tersebut efektif dan dapat meningkatkan hasil kemampuan gerak manipulatif (objek kontrol) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafruddin, SyafruddinUNSPECIFIED
CorrectorDamrah, DamrahUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, WiliadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN GERAK MANIPULATIF, MODEL PEMBELAJARAN , AKTIVITAS BERMAIN
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:20
Last Modified: 26 Sep 2024 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54170

Actions (login required)

View Item View Item