Writing Performance Used by Teachers in Assessing Students’ Writing Descriptive Text at Grade X Senior High School of Lingga Kepulauan Riau

Rakhmayani Kh, Fitra (2023) Writing Performance Used by Teachers in Assessing Students’ Writing Descriptive Text at Grade X Senior High School of Lingga Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FITRA_RAKHMAYANI_KH_20178008_282_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis-jenis dari kinerja tulisan yang digunakan oleh guru-guru, masalah yang dihadapi oleh guru-guru, dan penyebab dari masalah guru-guru dalam pelaksanaan penilaian kinerja tulisan untuk keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di Lingga Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui observasi ceklis dan wawancara. Responden dari penelitian ini adalah tiga guru Bahasa Inggris kelas X Sekolah Menengah Atas di Lingga Kepulauan Riau; SMAN 1 Lingga, SMAN 2 Lingga, dan SMAN 1 Lingga Utara. Ada empat jenis kinerja penulisan, yaitu imitative, intensive, responsive, dan extensive. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, guru Bahasa Inggris SMAN 1 Lingga menggunakan jenis intensive dan extensive dalam menilai keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Pada jenis intensive, guru menggunakan grammatical transformation task, vocabulary assessment task, short answer and sentence completion tasks, guru juga menggunakan jenis extensive yang mana melibatkan paragraph construction tasks. Sedangkan guru di SMAN 2 Lingga menggunakan jenis intensive yaitu short answer and completion task, dan paragraph construction task sebagai jenis extensive. Sementara guru di SMAN 1 Lingga Utara hanya menggunakan jenis extensive yaitu paragraph construction task. Kedua, dalam penggunaan penilaian kinerja penulisan, guru juga menemukan masalah dalam memberikan skor dan angka pada tugas siswa. Ketiga, penyebab dari masalah guru berasal dari factor eksternal. Dari faktor eksternal berupa kelas yang ramai, alokasi waktu, tingkat kemampuan siswa yang rendah, motivasi siswa yang rendah, dan kurangnya fasilitas sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru-guru telah mengimplementasikan penilaian kinerja penulisan pada kemampuan menulis siswa. Disamping itu, guru juga menghadapi kesulitan dalam mengidentifikasi, penempatan, monitoring sebagai masalah. Dan, itu disebabkan oleh factor eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRefnaldi, RefnaldiUNSPECIFIED
CorrectorM. Zain, M. ZainUNSPECIFIED
CorrectorTrisno, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA PENULISAN, PENILAIAN, TEKS DESKRIPTIF
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2024 09:16
Last Modified: 25 Sep 2024 09:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54169

Actions (login required)

View Item View Item