Pengaruh Fraud Hexagon Terhadap Manajemen Laba Berdasarkan M-score yang Dimodifikasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan & Minuman, Subsektor Kimia, dan Subsektor Logam & Sejenisnya yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022).

Hosen, Ramadhanil (2024) Pengaruh Fraud Hexagon Terhadap Manajemen Laba Berdasarkan M-score yang Dimodifikasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan & Minuman, Subsektor Kimia, dan Subsektor Logam & Sejenisnya yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAMADHANIL_HOSEN_20043114_3169_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraud hexagon terhadap manajemen laba dengan menggunakan M-score yang dimodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian adalah laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 117 sampel yang terdiri dari 39 perusahaan manufaktur (subsektor makanan & minuman, subsektor kimia, dan subsektor logam dan sejenisnya) tahun 2020-2022. Dalam menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ineffective monitoring berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan financial stability, change in auditor, change in directors, frequent number of CEO pictures, dan project with government tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfriyenti, MayarUNSPECIFIED
CorrectorMulyani, ErlyUNSPECIFIED
CorrectorNelvirita, NelviritaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FRAUD HEXAGON
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:37
Last Modified: 25 Sep 2024 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54166

Actions (login required)

View Item View Item