Analisis Penerimaan Aplikasi Isumbar Mambaco oleh Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat: Studi Deskriptif dengan Model TAM (Technology Acceptance Model).

Alfandi, Riko (2024) Analisis Penerimaan Aplikasi Isumbar Mambaco oleh Pemustaka di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat: Studi Deskriptif dengan Model TAM (Technology Acceptance Model). Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_RIKO_ALFANDI_20234050_5339_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerimaan aplikasi Isumbar Mambaco oleh pengguna di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dengan menggunakan model TAM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan aplikasi Isumbar Mambaco oleh pemustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Jumlah populasi pada penelitian ini berjumalah 3.995 pemustaka pengguna aplikasi Isumbar Mambaco dan jumlah sampel sebanyak 98 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat penerimaan aplikasi Isumbar Mambaco oleh pengguna di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dengan skor rata-rata 3,15 dengan tingkat penerimaan yang baik sesuai dengan lima indikator TAM. Adapun indikatornya antara lain (1) Perceived usefullness, pengguna menilai aplikasi sangat bermanfaat dengan skor rata-rata 3,29. (2) Perceived ease of use, pengguna menganggap aplikasi sangat mudah digunakan dengan skor rata-rata 3,29. (3) Attitude Toward Use, pengguna memiliki sikap yang sangat positif terhadap penggunaan aplikasi dengan skor rata-rata 3,27. (4) Behavioral intention to Use, pengguna menunjukkan niat penggunaan yang baik dengan skor rata-rata 3,09. (5) Actual system use, penggunaan aktual sistem mencapai tingkat yang baik dengan skor rata-rata 2,84. Maka dari itu skor yang diperoleh menunjukan bahwa penerimaan aplikasi Isumbar Mambaco oleh pemustaka berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, EllvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TEKNOLOGI AUTOMASI, APLIKASI ISUMBAR MAMBACO, AUTOMASI PERPUSTAKAAN
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:37
Last Modified: 25 Sep 2024 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54164

Actions (login required)

View Item View Item