Pengaruh Penggunaan Model Learning Cycle 5E dan Pembelajaran Konvensional terhadap Konsepsi Siswa pada Materi Larutan Penyangga

Maharani, Nova (2019) Pengaruh Penggunaan Model Learning Cycle 5E dan Pembelajaran Konvensional terhadap Konsepsi Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_NOVA_MAHARANI_15035060_2933_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang dapat digunakan pada pembelajaran kimia untuk meminimalisir terjadinya miskonsepsi dan sejalan dengan pendekatan saintifik adalah model siklus belajar (learning cycle) 5E. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penggunaan model learning cycle 5E dan pembelajaran konvensional terhadap konsepsi siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan model penelitian Randomized Control Group Pottest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes diagnostik berupa soal tes berbentuk essay dengan tingkat kesukaran yang berbeda. Berdasarkan analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E berpengaruh positif terhadap konsepsi siswa dengan persentase paham konsep yang lebih tinggi dan miskonsepsi serta tidak paham konsep dengan persentase lebih kecil dibanding kelas kontrol. Hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga t hitung (12,56) > t (1,67). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model learning cycle 5E berpengaruh positif terhadap konsepsi siswa kelas XI MIPA MAN 2 Padang. tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsepsi; Larutan Penyangga; Learning Cycle 5E; Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:35
Last Modified: 25 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54160

Actions (login required)

View Item View Item