Pengembangan LKS IPA Berorientasi Model Pembelajaran Kuantum Materi Pesawat Sederhana, Struktur Tumbuhan dan Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas VIII SMP

Rezeki, Mitra Sri (2019) Pengembangan LKS IPA Berorientasi Model Pembelajaran Kuantum Materi Pesawat Sederhana, Struktur Tumbuhan dan Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MITRA_SRI_REZEKI_1106300_546_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan langkah- langkah ilmiah. Pembelajaran IPA mengupayakan siswa untuk memahami IPA melalui kegiatan eksperimen sehingga pembelajaran IPA dapat dimaknai dengan benar. Namun pada kenyataannya, hasil pencapaian kompetensi belajar IPA di SMPN 7 Padang masih rendah dengan nilai rata-rata yaitu 57,79. Untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan model pembelajaran dan bahan ajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Solusi meningkatkan pencapaian kompetensi siswa maka dikembangkan LKS berorientasi model pembelajaran kuantum. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat disesuaikan oleh siswa kelas VIII SMP semester 1. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Sebagai objek penelitian yaitu LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum dan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: angket validasi tenaga ahli, angket kepraktisan menurut guru IPA, angket kepraktisan menurut siswa, dan lembar pretest postes pada aspek pengetahuan. Teknik analisis dan data yang digunakan statistik deskriptif, dan uji perbandingan. 4 Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian ini. Pertama, LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum pada kelas VIII semester 1 SMP berada pada kategori sangat valid dengan nilai validitas 84,26. Kedua, LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum ini sangat praktis dengan 89,84 untuk hasil rata-rata tanggapan guru dan 81,63 untuk hasil rata-rata tanggapan siswa. Ketiga, penggunaan LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum adalah efektif dalam pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan kompetensi siswa IPA siswa secara signifikan antara sesudah dan sebelum LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum pada taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kuantum; Pesawat Sederhana; Struktur Tumbuhan; Sistem Pencernaan
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:30
Last Modified: 25 Sep 2024 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54144

Actions (login required)

View Item View Item