Rezeki, Mitra Sri
(2019)
Pengembangan LKS IPA Berorientasi Model
Pembelajaran Kuantum Materi Pesawat
Sederhana, Struktur Tumbuhan dan Sistem
Pencernaan Untuk Siswa Kelas VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
IPA merupakan pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan langkah-
langkah ilmiah. Pembelajaran IPA mengupayakan siswa untuk memahami IPA
melalui kegiatan eksperimen sehingga pembelajaran IPA dapat dimaknai dengan
benar. Namun pada kenyataannya, hasil pencapaian kompetensi belajar IPA di
SMPN 7 Padang masih rendah dengan nilai rata-rata yaitu 57,79. Untuk
mengatasi masalah ini dibutuhkan model pembelajaran dan bahan ajar yang tepat
dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Solusi meningkatkan pencapaian kompetensi
siswa maka dikembangkan LKS berorientasi model pembelajaran kuantum.
Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan LKS IPA berorientasi model
pembelajaran kuantum yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat disesuaikan
oleh siswa kelas VIII SMP semester 1.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Sebagai objek penelitian yaitu LKS IPA berorientasi model pembelajaran
kuantum dan subjek uji coba adalah siswa kelas VIII
SMPN 7 Padang. Instrumen
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: angket validasi
tenaga ahli, angket kepraktisan menurut guru IPA, angket kepraktisan menurut
siswa, dan lembar pretest postes pada aspek pengetahuan. Teknik analisis dan data
yang digunakan statistik deskriptif, dan uji perbandingan.
4
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian ini.
Pertama, LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum pada kelas VIII
semester 1 SMP berada pada kategori sangat valid dengan nilai validitas 84,26.
Kedua, LKS IPA berorientasi model pembelajaran kuantum ini sangat praktis
dengan 89,84 untuk hasil rata-rata tanggapan guru dan 81,63 untuk hasil rata-rata
tanggapan siswa. Ketiga, penggunaan LKS IPA berorientasi model pembelajaran
kuantum adalah efektif dalam pembelajaran yang ditandai dengan peningkatan
kompetensi siswa IPA siswa secara signifikan antara sesudah dan sebelum LKS
IPA berorientasi model pembelajaran kuantum pada taraf nyata 5%.
Actions (login required)
|
View Item |