Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Kejuruan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Agustin, Safitri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Kejuruan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SAFITRI_AGUSTIN_19065019_4802_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar kejuruan (DDK) di kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penlitian eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok sampel yang terlibat, yaitu kelas X E2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X E3 sebagai kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling, sampel dipilih dengan cara undian. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup soal pretest dan posttest dalam bentuk objektif. Data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok kelas eksperimen memiliki rata-rata 87,47, melebihi kelompok kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata sebesar 78,48. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,45%.Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung (4,086) lebih besar dari Ttabel (1,66), sehingga hipotesis (H 0 ) ditolak dan hipotesis (H ) diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran Problem Based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kejuruan di Kelas X E2 Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, HendraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54139

Actions (login required)

View Item View Item