Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang

Nova, Idia Ofela (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_IDIA_OFELA_NOVA_15031012_638_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, diantaranya model pembelajaran yang diterapkan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map. Pembelajaran dengan model Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map menuntun peserta didik untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan Mind Maping terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Padang pada materi KD 3.7 tentang Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional (Direct Intruction) yang biasa digunakan di kelas dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar, penilaian sikap dan keterampilan berupa lembar observasi. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan t hitung (2,76 > 1,67). Hasil uji U kompetensi sikap diketahui nilai Z hitung (4,06 > 0,000), dan kompetensi keterampilan nilai Z hitung > Z tabel (2,06 > 0,039). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Mind Map berpengaruh signifikan terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik. > Z tabel > t tabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CollectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CollectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing; Mind Map; Kompetensi Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54138

Actions (login required)

View Item View Item