Pengembangan LKS IPA Terpadu Tema Peran Energi Bagi Makhluk Hidup Berintegrasi Literasi Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VII

Anggraini, Fuzia (2019) Pengembangan LKS IPA Terpadu Tema Peran Energi Bagi Makhluk Hidup Berintegrasi Literasi Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FUZIA_ANGGRAINI_15033031_894_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abad 21 menuntut pendidikan menghasilkan sumber daya pemikir yang membangun tatanan sosial dan ekonomi sadar pengetahuan. Kurikulum 2013 revisi 2017 menjadi jawaban atas pendidikan abad 21. Pendidikan abad 21 erat kaitannya dengan literasi, yang mana siswa diminta untuk memahami informasi secara kritis, analitis, dan reflektif. Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu. Kenyataan di sekolah pembelajaran IPA Terpadu belum terlaksana dengan baik dan literasi siswa belum terlaksana seutuhnya. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan LKS IPA Terpadu berintegrasi literasi saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan dan efektivitas terhadap penggunaan LKS IPA Terpadu berintegrasi literasi saintifik. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek penelitian dari penelitian ini adalah LKS IPA Terpadu tema peran energi bagi makhluk hidup berintegrasi literasi saintifik yang di uji coba terbatas kepada salah satu kelas VII di SMPN 17 Padang. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen FMIPA sebagai validator, guru IPA di SMPN 17, serta siswa kelas VII.7 di SMPN 17 sebagai pengguna LKS IPA Terpadu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar validitas, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap validitas produk dan kepraktisan produk serta efektivitas produk menggunakan uji t berkorelasi untuk komponen sikap dan uji wilcoxon untuk komponen pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, LKS IPA Terpadu tema peran energi bagi makhluk hidup berintegrasi literasi saintifik adalah sangat valid dengan ratarata nilai validitas 83,8. Kedua, penggunaan LKS IPA Terpadu tema peran energi bagi makhluk hidup berintegrasi literasi saintifik adalah sangat praktis dengan ratarata nilai kepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing adalah 87,8 dan 87,6. Disamping itu, penggunaan LKS IPA Terpadu tema peran energi bagi makhluk hidup berintegrasi literasi saintifik adalah efektif dalam pembelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Jadi, kesimpulan penelitian ini LKS IPA Terpadu tema peran energi bagi makhluk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Energi; Literasi Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:42
Last Modified: 25 Sep 2024 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54133

Actions (login required)

View Item View Item