Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Bukittinggi

Ramadhani, Fitri (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FITRI_RAMADHANI_15029007_817_2019.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Namun kenyataannya di SMAN 5 Bukittinggi kemampuan ini masih belum optimal. Strategi pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jika kemampuan ini rendah, maka akan berpengaruh pada kemampuan matematis lainnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas X SMAN 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah quasy experiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya kelas X MIPA SMAN 5 Bukittinggi dengan sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes kemampuan pemahaman konsep. Data perkembangan kemampuan ini dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes didianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa perkembangan kemampuan pemahaman konsep meningkat dengan strategi REACT, dan berdasarkan hasil analisis tes diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas X SMAN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJazwinarti, JazwinartiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Relating; Experiencing; Applying; Cooperating; Transferring
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:22
Last Modified: 25 Sep 2024 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54124

Actions (login required)

View Item View Item