Pengaruh LKS Laboratorium Virtual Terintegrasi Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Siswa Pada Materi Fluida Statis dan Dinamis di Kelas XI SMAN 4 Padang

Rahmi, Fitri (2019) Pengaruh LKS Laboratorium Virtual Terintegrasi Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Siswa Pada Materi Fluida Statis dan Dinamis di Kelas XI SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FITRI_RAHMI_15033073_569_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika menuntut siswa untuk mampu melakukan kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dapat terlaksana jika ketersediaan alat dan bahan praktikum memadai. Namun kenyataan di lapangan pelaksanaan praktikum masih belum optimal karena kurangnya ketersediaan alat dan bahan praktikum. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan praktikum virtual. Dalam melaksanakan praktikum virtual diperlukan panduan berupa lembar kerja siswa (LKS) virtual lab. Penerapan lembar kerja siswa virtual lab diintegrasikan kedalam pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh LKS virtual lab terintegrasi pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa pada materi fluida statis dan dinamis di kelas XI SMAN 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau Quasi Experiment Research. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Padang tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap serta lembar penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Data yang telah didapatkan kemudian diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKS laboratorium virtual terintegrasi pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa pada materi fluida statis dan dinamis di kelas XI SMAN 4 Padang” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, penggunaan LKS laboratorium virtual dapat meningkatkan kompetensi siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Virtual Terintegrasi; Pendekatan Saintifik: Fluida Statis; Dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:17
Last Modified: 25 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54122

Actions (login required)

View Item View Item