Desain Primer untuk Sekuensing yang akan Mengenali Daerah Internal Gen 16S rRNA Bakteri Endofit Penghasil Senyawa Antimikroba

Vaniana, Dina (2019) Desain Primer untuk Sekuensing yang akan Mengenali Daerah Internal Gen 16S rRNA Bakteri Endofit Penghasil Senyawa Antimikroba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_DINA_VANIANA_15032060_605_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan bakteri endofit berinteraksi dengan inang dan dapat menghasilkan senyawa aktif membuat bakteri ini bermanfaat bagi lingkungannya. Senyawa aktif bakteri endofit memiliki kemampuan sebagai antikanker, antimikroba dan antioksidan. Terdapat gen 16S rRNA pada setiap jenis bakteri. Proses sekuensing merupakan metode yang baik digunakan untuk mengidentifikasi bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain primer untuk proses sekuensing yang akan mengenali daerah gen 16S rRNA bakteri endofit penghasil senyawa antimikroba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober sampai bulan Desember 2018 di Laboratorium Penelitian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Pengambilan sekuen dilakukan melalui website National Center for Biotechnology Information (NCBI). Uji bioinformatika yang dilakukan menggunakan software BioEdit dan Primer Designer. Isolat yang digunakan sebagai cetakan DNA adalah B.J.T.A.2.1. Primer yang telah didesain dianalisis di Macrogen Singapura dan dilakukan proses sekuensing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa primer yang didesain mampu digunakan untuk proses sekuensing yaitu primer NIF (forward) dan primer NIR (reverse). Proses sekuensing mampu menghasilkan sekuen yang utuh meskipun hanya ±100 bp yang dapat dibaca dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, DUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bakteri Endofit, Primer Internal, Sekuensing
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:02
Last Modified: 25 Sep 2024 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54113

Actions (login required)

View Item View Item