Pengaruh Penambahan Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Selulosa Sorbitol Bakterial (SSB) dari Limbah Kulit Nanas (Ananas Sativus)

Gunawan, Arif (2019) Pengaruh Penambahan Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Selulosa Sorbitol Bakterial (SSB) dari Limbah Kulit Nanas (Ananas Sativus). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_ARIF_GUNAWAN_15036034_439_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sintesis dan karakterisasi plastik selulosa sorbitol bakterial – gum arab (SSB-GA) telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan gum arab terhadap kualitas plastik SSB-GA yang dibuat dari limbah kulit nanas. Sintesis SSB-GA dilakukan dengan cara fermentasi ekstrak limbah kulit nanas dengan bantuan bakteri Acetobacter xylinum untuk memperoleh gel SSB-GA. Gel SSB-GA yang telah dimurnikan, kemudian di press dengan tekanan 300 psi untuk menghasilkan plastik SSB-GA. Plastik SSB-GA yang terbentuk dikarakterisasi untuk menentukan sifat fisik dan mekaniknya, serta kemampuan biodegrasinya. Hasil karakterisasi menunjukkan, persentase kandungan air gel SSB-GA meningkat dengan penambahan gum arab. Derajat penggembungan plastik SSB-GA juga meningkat hingga penambahan 5 gram gum arab dan setelah itu mengalami penurunan. Kuat tarik, elongasi dan modulus young juga meningkat dengan penambahan gum arab. Kuat tarik maksimum plastik dengan penambahan 5 gram gum arab yaitu sebesar 8,29 KN/m dengan elongasi sebesar 3,23 %. Persentase biodegradasi plastik juga meningkat dengan penambahan gum arab. Kemampuan biodegradasi mencapai 50,93 % dengan penambahan 7 gram gum arab hingga hari ke-9 penguburan di dalam tanah. Jadi penambahan gum arab meningkatkan kualitas plastik SSB-GA dibandingkan dengan plastik selulosa bakterial (SB) murni, tapi masih belum dapat mencapai standar kualitas plastik nonbiodegradable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gum Arab; Selulosa Bakterial; Sorbitol; Ekstrak Kulit Nanas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:00
Last Modified: 25 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54104

Actions (login required)

View Item View Item