Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman

Utami, Andika Putri (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ANDIKA_PUTRI_UTAMI_14029064_760_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah hasil belajar siswa masih rendah.Hal ini juga terlihat pada kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman. Salah satu faktor penyebab terjadinya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi siswa mengembangkan kemampuan matematis yang baik serta masih kurangnya guru dalam menganalisis lebih lanjut kesalahankesalahan siswa dalam mengerjakan soal. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematikasiswa salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajarsiswa yang menggunakan pembelajaran discovery learning dengan kemampuan penalaran matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman serta jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal berdasarkan kesalahan menurut Newman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design dan deskriptif untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal tes akhir. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 1Pariaman dengan sampel kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika yang berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis hasil tes akhir hasil belajar matematika siswa, diperoleh rata-rata nilai siswa kelompok eksperomen yaitu 71,34 dan rara-rata nilai siswa kelompok kontrol yaitu 59,55. Hasil uji hipotesis menunjukkan taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,004 atau tolak Ho, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model discovery learning lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 1 Pariaman. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun untuk tingkat kesalahan dalam menyelesaikan soal tes akhir siswa kelas eksperimen memiliki persentase tingkat kesalahan yang rendah dari kelas kontrol yaitu sebesar 52,3% sedangkan kelas kontrol sebesar 60,1%. Sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan keterampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir diikuti kesalahan memahami dan kesalahan transformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJazwinarti, JazwinartiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorSyaifuddin, HendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:11
Last Modified: 25 Sep 2024 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54101

Actions (login required)

View Item View Item