Analisis Miskonsepsi Peserta Didik dalam Memahami Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabol Kelas X SMAN 1 Padang

Fauziah, Aifah (2019) Analisis Miskonsepsi Peserta Didik dalam Memahami Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabol Kelas X SMAN 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AIFAH_FAUZIAH_14033073_415_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang berperan penting bagi peserta didik dalam membentuk dan memahami konsep fisika yaitu konsepsi yang dimiliki oleh peserta didik baik yang diperoleh melalui interaksi dengan lingkungan maupun konsepsi yang diterima melalui pendidikan formal. Namun apabila konsepsi peserta didik benar-benar tidak sesuai dengan konsepsi fisikawan, maka peserta didik tersebut dapat dikatakan mengalami miskonsepsi. oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai analisis miskonsepsi peserta didik dalam memahami materi gerak lurus dan gerak parabola pada kelas X SMAN 1 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 50 orang peserta didik. Instrumen penelitian adalah soal tes pilihan ganda FCI dengan alasan terbuka disertai CRI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwasanya peserta untuk kategori tingkat pemahaman lebih dominan pada kategori miskonsepsi yang terbukti dari persentase miskonsepsi 57,6%, paham konsep 821,6%, paham konsep tapi kurang yakin 2,8%, dan tidak tahu konsep 18%. Persentase miskonsepsi pada materi gerak lurus 48,5% dan gerak parabola 63,9%. Bentukbentuk miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik yaitu: 1) intuisi yang salah bahwa waktu mencapai tanah benda berat lebih cepat dibandingkan bola ringan karena jatuhn lebih cepat, 2) intuisi yang salah bahwa bola berat jatuh pada jarak kurang lebih setengah jarak jatuhnya bola ringan karena bola berat bergerak lebih lambat dari pada bola ringan; 3) reasoning yang slah atau tidak lengkap bahwa gaya gravitasi akan semakin besar saat mendekati ke permukaan bumi, 4) Reasoning yang salah atau tidak lengkap bahwa Lintasan peluru meriam membentuk lintasan setengah parabola karena dipengaruhi gaya gravitasi yang semakin lama semakin besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Gerak Lurus; Gerak Parabol
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:10
Last Modified: 25 Sep 2024 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54100

Actions (login required)

View Item View Item