Analisis Saluran Drainase Menggunakan Storm Water Management Model (SWMM) (Studi Kasus : Perumahan Bungo Mas Tahap 1 Kelurahan Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang)

Rahmadiah, Erniati (2024) Analisis Saluran Drainase Menggunakan Storm Water Management Model (SWMM) (Studi Kasus : Perumahan Bungo Mas Tahap 1 Kelurahan Bungo Pasang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Erniati_Rahmadiah_20323028_4036_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Drainase merupakan serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan dan cara penanggulangan akibat kelebihan air tersebut. Perumahan Bungo Mas Tahap 1 berada di Kelurahan Bungo Pasang yang sering mengalami banjir atau tergenangnya air akibat curah hujan yang tinggi ataupun durasi hujan yang cukup lama. Selain curah hujan yang cukup tinggi, sampah dan endapan lumpur pada saluran drainase dinilai menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder. Untuk memperoleh data primer, peneliti akan melakukan survey terhadap kondisi eksisting pada saluran drainase perumahan. Selanjutnya dibutuhkan data curah hujan pada 10 tahun yang akan diolah menggunakan analisis hidrologi sehingga dapat diketahui intensitas curah hujan dan debir banjir rencana. Setelah semua data didapatkan, maka akan dilakukan analisis menggunakan aplikasi Storm Water Management Model yang dapat menyimulasikan kuantitas maupun kualitas limpasan permukaan di setiap daerah tangkapan hujan, debit, kedalaman, kecepatan dan variabel lainnya dalam tiap saluran selama periode simulasi dengan tahapan waktu tertentu. Adapun hasil pada analisis ini menunjukkan genangan air yang terjadi di Perumahan Bungo Mas Tahap 1 pada kala ulang 2, 5 dan 10 tahun mencapai puncak limpasan berturut-turut yaitu 66.79 liter/s, 85.45 liter/s, dan 97.42 liter/s yang telah dianalisis menggunakan software SWMM 5.2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorAndayono, TotohUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Sep 2024 09:16
Last Modified: 20 Sep 2024 09:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54059

Actions (login required)

View Item View Item