Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di MAN 2 Jambi

Subari, Ahmad (2023) Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di MAN 2 Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AHMAD_SUBARI_20177016_416_2023.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

pembelajaran daring tidak efektif dan efisien karena sinyal yang kurang stabil, siswa kurang memahami konsep pada materi ekologi dan perubahan lingkungan yang dibuktikan dengan adanya nilai di ambang batas dan dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), serta bahan ajar dan media yang digunakan dalam pembelajaran belum mendukung siswa untuk belajar secara mandiri. Sehingga, diperlukan bahan ajar yang mampu meningkatkan kemampuan serta membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut, telah dilakukan penelitian pengembangan e-modul dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi ekologi dan perubahan lingkungan di MAN 2 Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-modul dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi ekologi dan perubahan lingkungan yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa kelas X MIA MAN 2 Jambi. Adapun metode pada penelitian ini adalah menggunakan metode pengembangan model Plomp. Tahap pengembangan model ini diawali dengan tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di MAN 2 Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar penilaian validitas, praktikalitas, kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap, motivasi, dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan e-modul ekologi dan perubahan lingkungan dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Flip PDF Professional berdasarkan penilaian ahli adalah sangat valid dengan nilai 97,59%. Penilaian praktikalitas oleh guru memperoleh nilai 95,83% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian siswa pada uji coba lapangan (evaluasi kelompok besar) dengan nilai 90,45% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa adanya pengaruh e-modul ekologi dan perubahan lingkungan dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Flip PDF Professional terhadap kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap, motivasi, dan keterampilan proses sains pada siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul ekologi dan perubahan lingkungan dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang telah dikembangkan berada pada kategori sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL, EKOLOGI DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN, E-MODUL, INKUIRI TERBIMBING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2024 00:46
Last Modified: 20 Sep 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54050

Actions (login required)

View Item View Item