Peningkatan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang melalui Media Game Edukasi dengan Wordwall pada siswa Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas V SLB Aslam Kids Padang)

Sismonita, Tuti (2024) Peningkatan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang melalui Media Game Edukasi dengan Wordwall pada siswa Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas V SLB Aslam Kids Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_TUTI_SISMONITA_23003281_3695_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada saat peserta didik tunagrahita ringan mengalam kesulitan saat berbelanja di kantiin sekolah, yang mana saat berbelanja mereka memberikan semua uang yang dimilikinya tanpa tahu harga kue atau jajanan yang diambilnya lebih besar dari jumlah uang yang dimilikinya atau malah sebaliknya. Dan hasil masalah yang ditemukan peneliti pada pembelajaran matematika. Proses belajar mengajar matematika guru hanya menjelaskan materi dengan bahan seadanya dan menggunakan media uang asli saja, Guru belum menggunakan media yang bervaratif dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa kelas V tunagrahita kategori ringan belum mampu dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari siswa dalama konteks nyata, akibatnya siswa kurang aktif dan kurang menguasai pelajaran matematika khususnya pada materi Mengenal Nilai Mata uang di SLB Aslam Kids Padang. Untuk itu, perlu iterapkan suatu media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik aktif dan bisa menguasai materi mengenal nilai mata uang tersebut. Maka dari pada itu penulis memilih menerapkan Media game Edukasi dengan Wordwall, karena menurut penulis Media ini sangat menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Jenis penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang peneliti lakukan bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan bentuk kolaborasi dengan guru dengan teman sejawat yaitu guru bertindak sebagai Peneliti sedangakan Kolaborator atau teman sejawat yang bertindak sebagai Observer atau pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dan terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Hasil penelitian menggunakan Media Game Edukasi Wordwall Siswa kelas V dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa melalui media. Rata-rata persentase hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I = 58%, Siklus II=81% sementara persentase rata-rata hasil belajar siswa pra siklus =39%, siklus I = 45%, siklus II= 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorMuspita, RilaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Sep 2024 08:56
Last Modified: 19 Sep 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54049

Actions (login required)

View Item View Item