Pengaruh Strategi Pembelajaran Advance Organizer dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah CAD Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Padang

Agamuddin, Agri Americo (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Advance Organizer dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah CAD Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AGRI_AMERICO_AGAMUDDIN_1110413_1661_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan; 1) perbedaan pengaruh antara hasil belajar mata kuliah CAD mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Padang dengan strategi pembelajaran advanced organizer lebih tinggi jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, 2) perbedaan pengaruh antara kemampuan awal rendah dan kemampuan tinggi mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan ITP dalam hasil belajar mata kuliah CAD, 3) interaksi antara strategi pembelajaran advanced organizer dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar mata kuliah CAD mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian berjumlah 108 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling dengan sampel kelas A sebanyak 23 dan kelas C sebanyak 24 orang yang terpilih. Instrumen yang digunakan adalah tes. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t dan ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Mata Kuliah CAD mahasiswa yang diajar dengan strategi Advance organizer dengan hasil belajar Mata Kuliah CAD mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional di Jurusan Teknik Sipil, yang ditunjukkan oleh t hitung = 2,586 dengan sig 0,017, 2) Terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar Mata CAD mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah di Jurusan Teknik Sipil yang ditunjukkan oleh thitung = 5.559 dan Sig 0,000, 3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Advance Organizer dan kemampuan awal dalam meningkatkan hasil belajar Mata Kuliah CAD di Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan di Institut Teknologi Padang, yang ditunjukkan oleh F hitung 6,586 dengan probabilitas 0,014 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan Dosen Mata Kuliah CAD agar menerapkan Strategi Pembelajaran Advance Organizer dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalinus, NiswardiUNSPECIFIED
Thesis advisorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER, KEMAMPUAN AWAL HASIL BELAJAR
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2024 00:46
Last Modified: 20 Sep 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54048

Actions (login required)

View Item View Item