Fadrinasesa, Dinda
(2024)
Kemampuan Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Sistem Transitivitas: Sebuah Research di Program Pendidikan Bahasa Inggris UNP.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengidentifikasi sistem transitivitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris UNP tahun akademik 2021, sedangkan sampel penelitian ini adalah Kelas K2 yang terdiri dari 22 mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan dua instrumen: tes transitivitas dan kuesioner. Tes transitivitas digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi sistem transitivitas, sedangkan kuesioner digunakan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa. Rata-rata kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi sistem transitivitas tergolong rendah dengan skor 47.72. Selain itu, kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam mengidentifikasi transitivitas menunjukkan adanya beberapa kesulitan yang signifikan. Kesulitan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah dalam proses identifikasi relasional, proses mental, dan proses verbal. Kesulitan dalam proses identifikasi relasional adalah kesulitan dalam menentukan "peran", "identitas", atau "makna" dengan persentase 86.3%. Kesulitan dalam proses mental meliputi kesulitan dalam menentukan kata kerja yang berkaitan dengan perasaan, pemikiran, memiliki persentase 81.8%. Selain itu, dalam proses verbal, mahasiswa memiliki pemahaman yang terbatas tentang fungsi Target dengan persentase 77.2%.
Actions (login required)
|
View Item |