Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Gerak Dasar Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi

Yogi, Afrisandy Pratama (2023) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Gerak Dasar Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AFRISANDY_PRATAMA_YOGI_21199004_2333_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan materi gerak dasar Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi, dengan aspek relevansi pembelajaran dengan kurikulum merdeka, latar belakang guru mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) serta sarana dan prasarana, proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), dan nilai yang diterima pada saat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode evaluasi program. Rancangan model penelitian yang akan digunakan didasarkan pada model CIPP yang melibatkan semua pihak dalam evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil Penelitian ini dari aspek konteks, program tujuan pembelejaran PJOK materi gerak dasar SD Negeri di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi sudah relevan dengan kurikulum merdeka yang sudah diterapkan di 100% Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi. Dari aspek Input Guru PJOK SD Negeri di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi 100% memiliki latar belakang pendidikan sarjana (S1) pendidikan olahraga. Dari aspek sarana dan prasarana, ketersediaan yang terdapat di SD Negeri di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin Jambi adalah 54%. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru sudah menggunakan modul ajar dan ATP (alur tujuan pembelajran) sesuai dengan kurikulum MERDEKA namun hanya 38% guru yang paham. Dari aspek product, pencapaian hasil belajar PJOK materi gerak dasar pada kategori baik 42%, cukup 37%, dan kurang 20%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorBakhtiar, SyahrialUNSPECIFIED
CorrectorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PROGRAM, GERAK DASAR, MODEL EVALUASI CIPP, PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:49
Last Modified: 18 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54042

Actions (login required)

View Item View Item