Pengaruh Board Diversity Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019-2022

Mardiah, Ainul (2024) Pengaruh Board Diversity Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2019-2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_AINUL_MARDIAH_22059227_4385_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh board diversity terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI dengan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia 2019-2022. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sahingga diperoleh sebanyak 196 data sampel. Namun, sampel akhir dari penelitian ini adalah 174 karena data outlier. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Bursa Efek Indonesia (BEI), serta dari situs web masing-masing perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan aplikasi pengolahan data SPSS. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Latar belakang pendidikan dewan komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA dan ROE). (2) age diversity komisaris berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA dan ROE). (3) gender diversity komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, namun berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROE (4) tenure diversity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA dan ROE (5) kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi hubungan antara latar belakang Pendidikan dan kinerja keuangan Perusahaan yang di proksikan dengan ROA dan ROE (6) kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi hubungan antara age diversity dan kinerja keuangan Perusahaan yang di proksikan dengan ROA dan ROE (7) kepemilikan institusional tidak mampu memoderasi hubungan antara gender diversity dan kinerja keuangan Perusahaan yang di proksikan dengan ROA dan ROE (8) kepemilikan institusional tudak mampu memoderasi hubungan antara tenure diversity dan kinerja keuangan Perusahaan yang di proksikan dengan ROA dan ROE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulvia, YolandafitriUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, RosyeniUNSPECIFIED
CorrectorYusra, IrdhaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BOARD DIVERSITY
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:44
Last Modified: 18 Sep 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54037

Actions (login required)

View Item View Item