Penyusunan Indeks E-kliping Koran Bersubjek Minangkabau Tahun 2021 Koleksi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Zahirah, Anada (2024) Penyusunan Indeks E-kliping Koran Bersubjek Minangkabau Tahun 2021 Koleksi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANANDA_ZAHIRAH_19026011_5549_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyusunan indeks e-kliping koran ini dilatar belakangi karena adanya pemustaka yang mencari artikel koran, terutama dengan koran yang telah berakhir masa terbitnya untuk digunakan sebagai bahan penelitian atau tugas. Perpustakaan Kearsipan dan Perpustakaan provinsi Sumatera barat menghadapi kesulitan dalam mencari informasi tentang artikel Minangkabau karena tidak adanya alat penelusuran yang memadai, sehingga koran ini hanya akan dijadikan bagian dari arsip atau koleksi di ruangan deposit. Untuk itu tujuan dari penulisan makalah tugas akhir ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses penyusunan indeks e-kliping koran tahun 2021 pada perpustakaan dan kearsipan provinsi Sumatera barat. (2) untuk mendapatkan informasi mengenai hasil uji coba produk penyusunan indeks e-kliping koran tahun 2021 pada perpustakaan dan kearsipan provinsi Sumatera barat. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif bersifat deskriptif karena didalam makalah ini akan menggambarkan bagaimana cara proses penyusunan indeks e-klipping koran bersubjek Minangkabau di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan survei secara langsung ke lokasi tanpa menambah atau mengurangi data yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan penyusunan indeks kliping elektronik bersubjek Minangkabau melibatkan 10 tahapan sebagai berikut: (1) pengamatan surat kabar, (2) seleksi surat kabar, (3) pembuatan kliping, (4) pembuatan deskripsi artikel, (5) pembuatan anotasi, (6) penentuan kata kunci (7) pembuatan indeks beranotasi, (8) penyusunan indeks artikel surat kabar, (9) pengetikan indeks, (10) digitalisasi indeks dan kliping menggunakan aplikasi Anyflip. Dalam penyusunan indeks e-kliping koran bersubjek Minangkabau ini memerlukan uji coba produk dengan responden yang terdiri dari 3 pustakawan dan 7 pemustaka yang terdiri dari tujuh kriteria pertanyaan. Dari hasil dari uji coba produk mendapatkan hasil 100% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INDEKS, E-KLIPING, MINANGKABAU
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works

Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Sep 2024 05:45
Last Modified: 18 Sep 2024 05:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54030

Actions (login required)

View Item View Item