Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik Kelas XI SMAN 2 Sutera

Mardila, Yusi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik Kelas XI SMAN 2 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_YUSI_MARDILA_16029047_114_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Namun berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 2 Sutera ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matemastis peserta didik kelas XI SMAN 2 Sutera setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-experimental dengan rancangan penelitian menggunakan one shot case study. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 SMAN 2 Sutera. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan jumlah peserta didik, rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per indikator. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 2 Sutera yang pembelajarannya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) sudah cukup baik dan mengalami peningkatan dibeberapa indikator yaitu memahami masalah, merencakan penyelesaian, dan menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:44
Last Modified: 18 Sep 2024 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54028

Actions (login required)

View Item View Item