Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawahlunto

Oktaviani, Tasya Putri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_TASYA_PUTRI_OKTAVIANI_20029086_4353_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting dan diperlukan peserta didik pada tahun 2025. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Sawahlunto pada materi teorema Pythagoras yang memuat soal berpikir kritis, ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIII SMP Negeri 2 Sawahlunto dan menganalisis apakah kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawahlunto yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttestonly control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawahlunto tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling sehingga terpilihlah kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas eksperimen selama diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning. Berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-value = 0,000 artinya P-value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorDjamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:28
Last Modified: 17 Sep 2024 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54023

Actions (login required)

View Item View Item