Efektivitas Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB YPPC Painan

Sari, Teti Yuspa (2024) Efektivitas Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB YPPC Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_TETI_YUSPA_SARI_20003036_3800_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak tunagrahita ringan yang memiliki permasalahan dalam mengenal lambang bilangan di SLB YPPC Painan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa "metode multisensori ini merupakan solusi yang dapat di diberikan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan di SLB YPPC Painan". Penelitian ini berbentuk pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eskperimen dalam bentuk single subject research (SSR), menggunakan desain A- B-A, dengan teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan. Kemudian data dianalsis menggunakan analsis visual grafik garis. Subjek penelitian yaitu peserta didik tunagrahita ringan di SLB YPPC Painan. Hasil menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebabyak empat kali pengamatan dan memperoleh presentase stabil 10%. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak delapan kali pengamatan dengan memperoleh presentase stabil 97% yang didapatkan pada pertemuan 11 dan 12. Sedangkan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak 4 kali pengamatan siswa memperoleh presentase stabil 97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1 sampi 10 pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorIrdamurni, IrdamurniUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:55
Last Modified: 13 Sep 2024 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54017

Actions (login required)

View Item View Item