Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Painan

Sara, Yulia Mai (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_YULIA_MAI_SARA_18029054_668_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Namun, kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Painan masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan apakah model pembelajaran PBL lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Painan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 dan kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata α=0,05 diperoleh P-value=0,022. Hal ini berarti P-value<α , sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak H_0 dan terima H_1 . Ini berarti bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model PBL lebih baik daripada peserta didik yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS, PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Sep 2024 04:08
Last Modified: 13 Sep 2024 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54012

Actions (login required)

View Item View Item