Kusuma, Witya
(2024)
Analisis Miskonsepsi Pesrta Didik pada Materi Gerak
Lurus dan Gerak Parabola Menggunakan Five-Tier
Multiple Choice di SMA Kabupaten Bungo.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Siswa seringkali mengalami miskonsepsi ketika mempelajari fisika, tidak
terkecuali pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Miskonsepsi ini dapat
diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik, tetapi tes diagnostik belum
tersedia di sekolah. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan sebuah instrumen
tes yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus dan
gerak parabola.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta
didik pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Instrumen yang digunakan dalam
mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebabnya adalah Five-Tier Multiple Choice
yang terdiri dari 17 butir soal pilihan ganda enam tingkat pada materi gerak lurus
dan 18 butir soal pilihan ganda enam tingkat pada materi gerak parabola.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA
SMA Negeri di Kabupaten Bungo. Sampel dalam penelitian ini adalah lima sekolah
di Kabupaten Bungo dengan jumlah responden yaitu 127 peserta didik.
Secara keseluruhan, hasil penelitian di SMA Kabupaten Bungo didapatkan
miskonsepsi tergolong rendah pada materi gerak lurus sebesar 22,93% dan
miskonsepsi tergolong sedang pada materi gerak parabola sebesar 39,15%.
Miskonsepsi tertinggi pada materi gerak lurus yaitu terdapat di SMA E yaitu
35,29% dan paling rendah terdapat pada SMA A yaitu 15,03%. Pada materi gerak
parabola miskonsepsi tertinggi terjadi di SMA C yaitu 60,05% dan miskonsepsi
paling rendah terjadi di SMA B 28,93%.
Actions (login required)
|
View Item |