Analisis Miskonsepsi Pesrta Didik pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola Menggunakan Five-Tier Multiple Choice di SMA Kabupaten Bungo

Kusuma, Witya (2024) Analisis Miskonsepsi Pesrta Didik pada Materi Gerak Lurus dan Gerak Parabola Menggunakan Five-Tier Multiple Choice di SMA Kabupaten Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WITYA_KUSUMA_19033069_4486_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Siswa seringkali mengalami miskonsepsi ketika mempelajari fisika, tidak terkecuali pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Miskonsepsi ini dapat diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik, tetapi tes diagnostik belum tersedia di sekolah. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan sebuah instrumen tes yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus dan gerak parabola.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik pada materi gerak lurus dan gerak parabola. Instrumen yang digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebabnya adalah Five-Tier Multiple Choice yang terdiri dari 17 butir soal pilihan ganda enam tingkat pada materi gerak lurus dan 18 butir soal pilihan ganda enam tingkat pada materi gerak parabola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Bungo. Sampel dalam penelitian ini adalah lima sekolah di Kabupaten Bungo dengan jumlah responden yaitu 127 peserta didik. Secara keseluruhan, hasil penelitian di SMA Kabupaten Bungo didapatkan miskonsepsi tergolong rendah pada materi gerak lurus sebesar 22,93% dan miskonsepsi tergolong sedang pada materi gerak parabola sebesar 39,15%. Miskonsepsi tertinggi pada materi gerak lurus yaitu terdapat di SMA E yaitu 35,29% dan paling rendah terdapat pada SMA A yaitu 15,03%. Pada materi gerak parabola miskonsepsi tertinggi terjadi di SMA C yaitu 60,05% dan miskonsepsi paling rendah terjadi di SMA B 28,93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2024 09:44
Last Modified: 13 Sep 2024 09:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54008

Actions (login required)

View Item View Item