Penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Baso Kabupaten Agam

Miaz, Yalvema (2012) Penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Baso Kabupaten Agam. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Baso didapati pembelajaran terkesan membosankan siswa. Aktivitas siswa tidak menonjol sebaliknya guru lebih banyak mengambil peran dalam kelas. Siswa beranggapan IPS sebagai pelajaran hafalan dan guru lebih suka berceramah. Peneliti tertarik untuk mencarikan solusi dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dengan materi Alat Teknologi Informasi. Pendekatan STM adalah belajar mengajar sains dan teknologi dalam konteks pengalaman dan kehidupan manusia sehari-hari dengan bertitik tolak dari isu-isu atau masalah-masalah yang dihadapai oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), model yang digunakan kolaboratif, dimana peneliti melakukan observasi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang langsung berhubungan dengan tugas guru di lapangan. Artinya, penelitian tindakan kelas merupakan penelitian praktis yang dilakukan di kelas dan bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran yang ada. Hasil penelitian siklus 1 pertemuan pertama parsentase ketuntasan nilai siswa masih 43% sedangkan pada pertemuan II presentase ketuntasan nilai siswa naik sedikit menjadi 50%. siklus II siswa lebih termotivasi untuk belajar karena guru lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa. Dari hasil penilaian pembelajaran pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai nilai yang ditargetkan yakni sudah mencapai rata-rata 75 dimana siklus I nilai rata-rata skor dasar 60. Setelah dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 66. pembelajaran pada siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai nilai yang ditargetkan yakni sudah mencapai rata-rata 75 pada pertemuan I, dan 83 pada pertemuan II keberhasilannya dengan persentase ketuntasan kelas masing-masing 73% dan 93%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:51
Last Modified: 01 Feb 2016 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item