Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Bayang

Putri, Shinta Mulyanti (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Bayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SHINTA_MULYANTI_PUTRI_18029020_266_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hal yang penting bagi peserta didik. Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah usaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik banyak mengalami kendala dan hambatan. Pada pembelajaran matematika yang terjadi di kelas VII SMPN 2 Bayang banyak peserta didik yang kurang memperhatikan ketika pendidik sedang menjelaskan materi, peserta didik juga kurang berpartisipasi aktif dalam proses belajar. dan ketika peserta didik diberikan soal yang berbeda atau tidak biasa diberikan (non rutin), peserta didik kebingungan dan sulit menyelesaikan soal yang diberikan. Hal ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pendidik harus mampu mencari solusi agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Dimana pendidik harus mampu menerapkan model pembelajaran yang cocok untuk peserta pendidik, sehingga hasil belajar matematika peserta didik yang rendah akan berkurang dan berharap tidak bertambah lagi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model Problem Based Learning di kelas VIII SMPN 2 Bayang lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 2 Bayang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment (eksperimen semu), dengan rancangan penelitiannya yaitu Nonequivalent Posttest Only -Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika berupa soal essay. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 2 Bayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorMeutia R, MaulaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR MATEMATIKA, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:59
Last Modified: 11 Sep 2024 08:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53989

Actions (login required)

View Item View Item