Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Suyuthi, Ahmad (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Ahmad_Suyuthi_20067002_2181_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam era globalisasi menekankan pentingnya siswa memiliki tidak hanya kecakapan akademis, tetapi juga kemampuan berpikir kreatif dan kewirausahaan. Kurikulum di Indonesia telah memperhitungkan kebutuhan ini dengan memasukkan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Namun, tantangan yang masih dihadapi adalah tingkat keterlibatan siswa yang rendah dalam proses pembelajaran, yang dapat menghambat ekspresi kreatif dan pencapaian belajar mereka. Untuk mengatasi masalah ini, Project-based Learning muncul sebagai pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan partisipasi dan pencapaian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebagai tindakan perbaikan untuk menerapkan PjBL dalam mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk siswa kelas XI di sebuah sekolah kejuruan di Padang Sidempuan. Metode penelitian tindakan kelas digunakan dengan dua siklus untuk meningkatkan tingkat keaktifan siswa serta hasil belajar mereka. Hasil dari kedua siklus menunjukkan peningkatan dalam domain pembelajaran kognitif dan psikomotorik. Siklus 1 menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam keterlibatan siswa dan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal sebesar 38,46%, meskipun masih di bawah ambang batas yang diinginkan. Siklus 2 menggabungkan perbaikan berdasarkan refleksi Siklus 1, mencapai hasil pembelajaran kognitif dan psikomotorik yang memuaskan diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 73,26%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL berdampak positif terhadap keterlibatan siswa dan hasil belajar, sehingga menyarankan penggunaannya secara terus menerus untuk meningkatkan praktik pendidikan di sekolah kejuruan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:40
Last Modified: 11 Sep 2024 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53978

Actions (login required)

View Item View Item