Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Letter Ball pada Disabilitas Intelektual Ringan ( Classroom Action Research di Kelas V SLB Negeri Stabat)

Annisa, Nurul (2024) Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Pembelajaran Letter Ball pada Disabilitas Intelektual Ringan ( Classroom Action Research di Kelas V SLB Negeri Stabat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NURUL_ANNISA_23003265_3949_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Disabilitas Intelektual Ringan di SLB Negeri Stabat. Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia masih didominasi oleh ceramah dan buku bacaan, sehingga peserta didik kurang antusias dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Peserta didik lebih semangat serta aktif dan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu peneliti melakukan evaluasi pada proses pembelajaran dengan membuat media pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah dan di dalam ruang kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca di kelas V Peserta Didik Disabilitas Intelektual Ringan di SLB Negeri Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK), dengan tujuan untuk menetahui bagaimana meningkatkan kemempuan membaca pada peserta didik Tunagrahita melalui media Letter Ball. Kegiatan penelitian tergabung ke dalam beberapa proses yaitu perencanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik Tunagrahita kelas V SLB Negeri Stabat sebanyak 3 orang dengan inisial SJ, NR dan AL yang kemampuan membaca masih rendah. Penelitianini terbagi kedalam dua siklus yang mana setiap siklusnya terdapat empat tahapan dan empat kali pertemuan setiap siklusnya. Dari hasil penelitian yang diperoleh peningkatan melalui kemampuan awal siswa dari SJ 42 %, NR 53% dan AL 47% kemudian diberikan Tindakan pada siklus I meningkat menjadi SJ 50 %, NR 78% dan AL 58%, kemudian dilanjutkan pada siklus II kemampuan siswa semakin meningkat menjadi SJ 81 %, NR 94% dan AL 89%. Dari hasil yang telah didapatkan dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran Latter Ball sangat efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik disabilitas intelektual ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTriswandari, RetnoUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:20
Last Modified: 11 Sep 2024 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53964

Actions (login required)

View Item View Item