Pengaruh Ukuran Usaha, Gender, dan Household Interference terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Kesejahteraan Rumah Tangga di Indonesia.

Rahmiattul, Wessti (2024) Pengaruh Ukuran Usaha, Gender, dan Household Interference terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Kesejahteraan Rumah Tangga di Indonesia. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_7_WESSTI_RAHMIATTUL_20059106_4516_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh ukuran usaha terhadap kinerja UMK di Indonesia, (2) pengaruh gender terhadap kinerja UMK di Indonesia, (3) pengaruh household interference terhadap kinerja UMK di Indonesia, (4) pengaruh ukuran usaha terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia, (5) pengaruh gender terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia, (6) pengaruh household interference terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Metodologi Penelitian kuantitatif ini menggunakan raw data dari Indonesian Family Life Survey tahun 2014 (IFLS-5), dengan sampel sebanyak 4.314 rumah tangga yang menjalankan UMK non-pertanian dengan kepemilikan modal sendiri. Mengingat karakteristik data yang heterogen dan adanya outlier, maka penelitian ini menggunakan metode regresi kuantil dengan bantuan perangkat lunak Stata, dengan tingkat kepercayaan ( =0,05). Hasil Penelitian ini menemukan bahwa (1) ukuran usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMK di Indonesia di setiap skala usahanya, (2) gender berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja UMK di Indonesia di setiap skala usahanya, (3) household interference dalam bentuk mengonsumsi pendapatan langsung, berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja UMK di Indonesia di setiap skala usahanya, (4) ukuran usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia di setiap skala usahanya, (5) gender berpengaruh positif terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Namun, pengaruh ini signifikan hanya pada kuantil (0,50), (6) household interference dalam bentuk mengonsumsi pendapatan langsung, berpengaruh positif terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Namun, pengaruh ini signifikan hanya pada kuantil (0,75).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYanuarta, RamelUNSPECIFIED
CorrectorYumna, AimatulUNSPECIFIED
CorrectorYusra, IrdhaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA, USAHA MIKRO, UKURAN USAHA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:01
Last Modified: 10 Sep 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53945

Actions (login required)

View Item View Item