Pengembangan E-modul Interaktif Terintegrasi Etnosains pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian untuk Pembelajaran IPA di Kurikulum Merdeka

Suryani, Refzi Irma (2023) Pengembangan E-modul Interaktif Terintegrasi Etnosains pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian untuk Pembelajaran IPA di Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_REFZI_IRMA_SURYANI_19231140_2023.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul interaktif dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Untuk melihat kelayakan dan respon guru serta peserta didik terhadap bahan ajar e-modul interaktif dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada materi suhu, kalor dan pemuaian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahap validasi melibatkan tiga orang validator yang ahli di bidangnya untuk menilai kelayakan e-modul interaktif. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar angket validasi. Tahap pengembangan melibatkan 30 orang peserta didik dan tiga orang guru IPA SMP 7 Padang untuk melihat kepraktisan e-modul tersebut. Penilaian kepraktisan menggunakan angket praktikalitas respon peserta didik dan respon guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif berbantuan Microsoft Office Excel 2019. Hasil penelitian yang dilakukan dapat dinyatakan tiga hasil penelitian. Pertama, hasil uji validitas e-modul interaktif terintegrasi Etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian oleh validator sebesar 0.88 dengan kategori sangat valid. Kedua, hasil uji praktikalitas oleh guru sebesar 0.96 dengan kategori sangat praktis. Ketiga, hasil uji praktikalitas oleh peserta didik diperoleh sebesar 0.93 dengan kategori sangat praktis. Maka, melalui data yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul interaktif terintegrasi Etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian berada pada kategori sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDiliarosta, SkundaUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, AuliaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDOktavia, RaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN IPA, E-MODUL INTERAKTIF, ETNOSAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:09
Last Modified: 09 Sep 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53930

Actions (login required)

View Item View Item