Pengaruh Mulsa Serasah Jerami Padi Terhadap Biomassa dan Potensinya dalam Pengendalian Gulma Ara Sunsang (Asystasia gangetica) pada Perkebunan Kelapa Sawit di Nagari Kataping, Padang Pariaman

Wahyuni, Putri (2024) Pengaruh Mulsa Serasah Jerami Padi Terhadap Biomassa dan Potensinya dalam Pengendalian Gulma Ara Sunsang (Asystasia gangetica) pada Perkebunan Kelapa Sawit di Nagari Kataping, Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_PUTRI_WAHYUNI_20032033_3456_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Asystasia gangetica merupakan tanaman pengganggu yang banyak dijumpai di perkebunan kelapa sawit sehingga dikhawatirkan mempengaruhi produksi kelapa sawit. Oeh sebab itu, perlu dilakukan upaya pengendalian gulma A. gangetica secara biologi. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian tentang pengaruh serasah jerami padi terhadap biomassa dan potensinya dalam pengendalian gulma ara sungsang (Asystasia gangetica) pada perkebunan kelapa sawit di nagari kataping, padang pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serasah jerami padi terhadap biomassa A. gangetica pada perkebunan kelapa sawit di Nagari Ketaping, Padang Pariaman. Penelitian dilaksanakan pada bulan November - Desember 2023 disalah satu perkebunan kelapa sawit milik masyarakat Nagari Kataping Padang Pariaman dan Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Penelitian menggunakan 40 plot dengan luas plot 1 x 1 m, dimana 20 plot tidak diberi serasah jerami padi dan 20 plot lagi diberi serasah jerami padi. Data biomassa gulma A. gangetica dianalisis dengan uji T pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian mulsa serasah jerami padi memberikan pengaruh nyata terhadap biomassa gulma A. gangetica, dimana biomassa gulma A. gangetica yang diberi serasah jerami padi lebih rendah (45,3 g/m2), dari pada biomassa A. gangetica yang tidak diberi serasah jerami padi (79,1 g/m2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorKardiman, RekiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULSA SERASAH JERAMI
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:46
Last Modified: 09 Sep 2024 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53919

Actions (login required)

View Item View Item