Optimasi Produksi Alginat Liase oleh Actinomycetes BLH 5-36 Menggunakan Response Surface Methodology (RSM) serta Uji Aktivitas Degradasi terhadap Biofilm Pseudomonas sp. CMDT-1

Sirwati, Fadila (2024) Optimasi Produksi Alginat Liase oleh Actinomycetes BLH 5-36 Menggunakan Response Surface Methodology (RSM) serta Uji Aktivitas Degradasi terhadap Biofilm Pseudomonas sp. CMDT-1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FADILA_SIRWATI_20032015_3274_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Polisakarida alginat merupakan komponen utama penyusun struktur biofilm oleh bakteri patogen, salah satunya Pseudomonas. Keberadaan alginat sebagai biofilm merupakan mekanisme perlindungan bagi bakteri, yang dapat memperparah infeksi. Enzim alginat liase merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan untuk penanganan biofilm, melalui reaksi β-eliminasi. Enzim ini mampu mengkatalisis depolimerisasi alginat pada biofilm. Salah satu sumber enzim alginat liase yaitu Actinomycetes BLH 5-36. Tujuan penelitian ini adalah mengoptimasi produksi alginat liase dan menguji kemampuannya dalam mendegradasi biofilm Pseudomonas sp. CMDT-1. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Optimasi produksi alginat liase menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Kondisi fermentasi yang di optimasi adalah konsentrasi Sargassum sebagai sumber karbon, konsentrasi KNO3 sebagai sumber nitrogen dan lama waktu fermentasi. Aktivitas enzim alginat liase diuji dengan menggunakan metode dinitrosalisylic acid (DNS). Enzim yang dihasilkan digunakan untuk menguji kemampuannya dalam mendegradasi biofilm Pseudomonas sp. CMDT-1. Hasil penelitian menunjukkan formulasi fermentasi untuk produksi alginat liase diperoleh dengan konsentrasi Sargassum 0,5% (b/v), KNO3 0,5 % (b/v), dan waktu inkubasi selama empat hari. Aktivitas enzim terbaik adalah 5,556 U/mL. Enzim alginat liase yang dihasilkan mampu mendegradasi biofilm Pseudomonas sp. CMDT-1 >50 % pada konsentrasi 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:55
Last Modified: 09 Sep 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53914

Actions (login required)

View Item View Item