Analisis Faktor Penyebab Contract Addendum dan Akibatnya terhadap Biaya Proyek (Studi Kasus: Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara)

Paramitha, Karindya Nabila (2024) Analisis Faktor Penyebab Contract Addendum dan Akibatnya terhadap Biaya Proyek (Studi Kasus: Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_KARINDYA_NABILA_PARAMITHA_20323036_2359_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Terjadinya Contract Addendum pada Proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara yang mengakibatkan terjadinya perubahan nilai kontrak, menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Contract Addendum tersebut dan dampaknya terhadap biaya proyek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan wawancara sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi mendetail terkait Contract Addendum yang terjadi. Untuk memastikan validitas data dan mengurangi bias, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan triangulasi dalam menggali informasi dan mengolahnya. Dalam hal ini, triangulasi sumber melibatkan perbandingan dan pengecekan ulang kebenaran data atau informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Perbandingan dan pengecekan ulang dilakukan terhadap informasi yang didapatkan dari pihak pemilik proyek/owner, kontraktor, dan pengawas lapangan yang terlibat langsung pada Proyek Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, faktor utama yang menyebabkan terjadinya Contract Addendum pada Proyek Daerah Irigasi Bandar Aur Duri Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara adalah faktor kondisi alam. Faktor utama ini menyebabkan terjadinya perubahan desain dan pergeseran volume pekerjaan sehingga Contract Addendum harus dilakukan. Akibat Contract Addendum ini, terjadi penambahan biaya proyek sebesar 10% dari nilai kontrak awal. Perubahan kontrak atau Contract Addendum yang dilakukan ini sudah sesuai dengan Prosedur Standar Pelaksanaan Perubahan (Adendum) Kontrak sebagaimana yang tercantum pada Surat Edaran (SE) Nomor 02/SE/Db/2016 Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorApdeni, RismeUNSPECIFIED
CorrectorGiatman M, Giatman MUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FAKTOR PENYEBAB, CONTRACT ADDENDUM, BIAYA PROYEK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:10
Last Modified: 09 Sep 2024 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53910

Actions (login required)

View Item View Item