Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Ekosistem

Apriyani, Nella Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Materi Ekosistem. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_NELLA_DWI_APRIYANI_20031088_4411_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan argumentasi merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi abad ke21. Kemampuan argumentasi peserta didik Fase E di SMA Negeri 7 Sijunjung masih tergolong rendah. Hal ini karena proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dan motivasi belajar peserta didik masih rendah sehingga guru sulit untuk menerapkan berbagai model pembelajaran dengan pendekatan student centered. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase E di SMA N 7 Sijunjung. Sampel penelitian yaitu Fase E1 sebagai kelas eksperimen dan Fase E2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal berupa soal essay sebanyak 6 butir soal yang telah divalidasi dengan nilai validitas 0,77 (sangat tinggi). Analisis data menggunakan uji Mann U Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata kemampuan argumentasi kelas eksperimen 54,9 dan kelas kontrol 39,8. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,010 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio Scientific Issues berpengaruh positif terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:24
Last Modified: 06 Sep 2024 10:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53902

Actions (login required)

View Item View Item