Yuliana, Riski
(2019)
Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Keterampilan Literasi Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan abad ke-21 seyogiyanya mampu mengembangkan literasi siswa.
Selain itu, kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA dilaksanakan secara
terpadu agar dapat membuat siswa belajar secara aktif, holistik, bermakna, dan
autentik. Fakta yang terjadi di sekolah, guru kesulitan mencari keterkaitan antara
bidang kajian Fisika, Biologi, dan Kimia. Keterpaduan materi pembelajaran dalam
buku teks IPA masih tergolong rendah dan integrasi literasi yang diterapkan pada
pembelajaran IPA hanya literasi membaca. Solusi masalah ini yaitu menerapkan
bahan ajar IPA terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam
kehidupan sehari-hari terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain
randomized posttest only control-group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMPN 8 Padang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 20182019.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan
cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk kompetensi sikap adalah
penilaian observasi, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan penilaian
kinerja untuk kompetensi keterampilan. Data kompetensi sikap, pengetahuan dan
keterampilan dianalisis dengan uji perbandingan dua rata-rata.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil analisis kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan
diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan
bahan ajar IPA terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam
kehidupan sehari-hari memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 8 Padang pada taraf
kepercayaan 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA
terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam kehidupan sehari-hari
efektif diterapkan dalam pendekatan ilmiah siswa.
Actions (login required)
|
View Item |