Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Keterampilan Literasi Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang

Yuliana, Riski (2019) Pengaruh Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Keterampilan Literasi Tema Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RISKI_YULIANA_15033124_870_2019.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 seyogiyanya mampu mengembangkan literasi siswa. Selain itu, kurikulum 2013 menuntut pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu agar dapat membuat siswa belajar secara aktif, holistik, bermakna, dan autentik. Fakta yang terjadi di sekolah, guru kesulitan mencari keterkaitan antara bidang kajian Fisika, Biologi, dan Kimia. Keterpaduan materi pembelajaran dalam buku teks IPA masih tergolong rendah dan integrasi literasi yang diterapkan pada pembelajaran IPA hanya literasi membaca. Solusi masalah ini yaitu menerapkan bahan ajar IPA terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam kehidupan sehari-hari terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain randomized posttest only control-group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 8 Padang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 20182019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk kompetensi sikap adalah penilaian observasi, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Data kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dianalisis dengan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil analisis kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar IPA terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam kehidupan sehari-hari memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 8 Padang pada taraf kepercayaan 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA terpadu bermuatan keterampilan literasi tema gerak dalam kehidupan sehari-hari efektif diterapkan dalam pendekatan ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Literasi, Kompetensi Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:50
Last Modified: 06 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53875

Actions (login required)

View Item View Item