Utami, Yanti Srinita
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Bermuatan Literasi Sains terhadap
Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi
Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 29 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian di SMPN 29 Padang yaitu model pembelajaran
yang kurang bervariasi, kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Upaya
yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran problem based
learning bermuatan literasi sains pada materi sistem pencernaan di SMPN 29
Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran problem based learning bermuatan literasi sains terhadap
kompetensi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian
adalah seluruh kelas VIII SMPN 29 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran
2018/2019 berjumlah sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel
penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk
kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan
keterampilan. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik
diperoleh nilai t
hitung
3,34 > t
tabel
1,67, pada kompetensi sikap nilai t
4,26 >
t
tabel
1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai t
hitung
4,21 > t
1,67. Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan
model PBL bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi
pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |