Perbandingan Antara Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test Pada Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PMKR di SMKN 1 Sumatera Barat.

Tananda, Opi (2023) Perbandingan Antara Sistem Computer Based Test dan Paper Based Test Pada Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PMKR di SMKN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_OPI_TANANDA_21073120_562_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah diantaranya pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran PMKR menggunakan sistem PBT, terdapat masalah pada lembaran soal kertas yang tidak dapat menampilkan visualisasi berupa audio, video, animasi, lembaran soal yang tidak dapat menampilkan gambar dan wama yang j elas serta detail dan memiliki risiko tinggi pada siswa untuk melakukan kecurangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil pembelajaran dari penggunaan sistem CBT dan sistem PBT mata pelajaran PMKR di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode analisis statistik menggunakan rumus uji beda dengan menggunakan t-test, teknik sampel mengunakan teknik simple random sampling, sampel diambil dari populasi kelas XI TKRO 1 dan 2 diambil masing-masing 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan uji soal penelitian dengan menggunakan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian ini didapatkan untuk uji-t pada variabel pelaksanaan uji tes soal menggunakan sistem CBT dan PBT didapatkan hasil p-value = 0,005 <a= 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil evaluasi pembelajaran mata pelajaran PMKR antara penggunaan sistem CBT dengan sistem PBT di SMKN 1 Sumatera Barat. Dengan hasil uji persyaratan analisis data dengan mengukur normalitas dan homogenitas variabel penelitian menghasilkan data berdistribusi normal dan homogen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, MUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorMuslim, MuslimUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:11
Last Modified: 06 Sep 2024 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53834

Actions (login required)

View Item View Item