Rancang Bangun Trainer Elektromagnetik sebagai Media Pembelajaran Sistem Kelistrikan dan Mesin Industri Untuk Siswa Kejuruan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Ventriolla, Venny (2023) Rancang Bangun Trainer Elektromagnetik sebagai Media Pembelajaran Sistem Kelistrikan dan Mesin Industri Untuk Siswa Kejuruan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_VENNY_VENTRIOLLA_21067100_563_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah media pembelajaran yang dingunakan belum mampu meningkatan motivasi belajar siswa dan rendahnya kompetensi keahlian siswa pada mata pelajaran Sistem Kelistrikan dan Mesin Industri dibuktikan dengan nilai ujian siswa yang masih banyak dibawah >75. Penelitian ini bertujuan membuat dan menghasilkan media pembelajaran trainer elektromagnetik yang layak pada mata pelajaran Sistem Kelistrikan dan Mesin Indutri yang layak untuk peserta didik jurusan teknik Pemesinan di SMK N egeri 1 Sumatera Barat.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D (four D models) yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan) (3) development (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini merupakan trainer elektromagnetik sebagai media pembelajaran dengan penerapan pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan kompetensi keahlian Teknik Mekanik Industri di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Instrument berupa angket dengan skala likert 4 untuk memperoleh data kelayakan media pembelajaran. Validitas instrumen dilakukan oleh guru mata pelajaran dan dosen FT-Universitas Negeri Padang, sedangkan reliabilitas instrument menggunakan software spss. Analisis data mengunakan rerata skor yang kemudian dikonversikan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran berupa trainer elektromagnetik yang dapat menarik perhatian peserta didik dan mempermudah pemahaman peserta didik agar lancar dalam memahami materi pada mata pelajaran Sistem Kelistrikan dan Mesin Industri (2) Tingkat kelayakan trainer elektromagnetik menurut ahli materi memperoleh skor sebesar 3.42. (3) Tingkat kelayakan trainer elektromagnetik menurut ahli media memperoleh skor sebesar 3 .49 (4) Tingkat kelayakan trainer elektromagnetik menurut pengguna memperoleh skor sebesar 3 .17 Penerapan trainer elektromagnetik yaitu mengoperasikan kendali motor 3 fasa yang ada dalam jobsheet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:54
Last Modified: 05 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53803

Actions (login required)

View Item View Item