Haryono, Teki
(2023)
Dampak Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Praktikum terhadap Pelaksanaan Prakerin Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pengelasan (TP) SMK Negeri 2 Sungai Penuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran di smk merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada mata pelajaran praktikum, dengan mewabahnya covid-19 proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Jika pembelajaran praktikum juga dilakukan secara daring tentu hal ini membutuhkan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran praktikum terhadap pelaksanaan prakerin siswa kelas XII Jurusan Teknik Pengelasan (TP) SMK N egeri 2 Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri 38 siswa dan 5 orang industri tempat siswa melakukan magang. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada siswa dan mewawancarai orang-orang di industri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Sementara itu untuk mengolah data menggunakan dua analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis persentase. Menurut hasil penelitian analisis deskriptif dampak pembelajaran daring pada mata pelajaran praktikum didapatkan mean 69.056, median 68, mode 2, standard deviasi 30.776, range 97.8, minimum 20, maximum 117.8, sum 2624.11. Sedangkan pelaksanaan prakerin mean
64, median 64, mode 4, standard deviasi 16.016, range 39, minimum 44, maximum 83, sum 320. Analisis persentase pembelajaran daring pada mata pelajaran praktikum dari tiga aspek masuk dalam kategori sangat tidak baik dengan persentase aspek kognitif 54, 1 %, afektif 44, 1 %, psikomotorik 50,8%. Sedangkan pelaksanakan prakerin siswa masih memiliki kendala pada aspek psikomotorik dalam kategori sangat tidak baik dengan persentase 53, 1 %.
Actions (login required)
|
View Item |