Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Fase E SMA

Yusraini, Rezkia (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YUSRAINI_REZKIA_20031039_3635_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka dikembangkan sebagai kurikulum yang lebih luwes serta berpusat pada materi mendasar untuk mengembangkan keunikan dan kemampuan peserta didik. Dalam kurikulum merdeka dikenal adanya pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi lebih mengarah pada pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik melalui pembelajaran yang independen dan memaksimalkan kesempatan belajar peserta didik. Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan fase E SMA merupakan upaya untuk memaksimalkan dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan fase E SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan 4D-Model. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop disebabkan keterbatasan waktu dan biaya. Subjek penelitian ini adalah dua orang Dosen Biologi FMIPA UNP, satu orang guru Biologi SMAN 7 Padang, dan 35 Peserta Didik kelas 10. E2 SMAN 7 Padang. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini adalah data primer dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara guru, angket peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata validitas sebesar 93,96% (sangat valid). Nilai praktikalitas oleh guru sebesar 98,75% (sangat praktis) dan peserta didik sebesar 92,56% (sangat praktis). Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik sebesar 95,65% (sangat praktis). Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan fase E SMA yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Fitri OlviaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN LKPD PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Sep 2024 00:57
Last Modified: 05 Sep 2024 00:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53790

Actions (login required)

View Item View Item